Pelatihan Penggunaan Aplikasi SIPD Kabupaten Wajo

Cover Art

Pelatihan penggunaan SIPD kepada OPD dan pemerintah kecamatan telah dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Wajo pada tanggal 21-22 Juli 2020. Kepala bappelitbangda kabupaten wajo, Andi Pallawarukka, S.IP., pada pembukaan acara pelatihan menjelaskan SIPD ini sebagai bentuk layanan informasi pemerintah daerah khususnya Kabupaten Wajo yang sudah saling terintegrasi/ terhubung dengan jaringan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“...era saat ini yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0., keterbukaan informasi sudah menjadi tuntutan termasuk keterbukaan informasi dalam proses perencanaan, aplikasi SIPD ini sebagai bentuk keterbukaan informasi tersebut, selain hal tersebut SIPD ini juga lebih memudahkan OPD maupun kecamatan dalam menyusun perencanaan, memantau termasuk mengevaluasi program/ kegiatan yang dilakukan...” kata kepala Bappelitbangada Andi Pallawarukka, S.IP., M.Si. dalam pembukaan pelatihan SIPD di  aula Bappelitbangda Kompleks Perkantoran Pemkab Wajo, senin (20/7/2020).

Penggunaan SIPD ini dimana proses perencanaan pembangunan daerah dan anggaran terintegrasi ke kemendagri, sehingga pengawasan setiap daerah terhadap proses perencanaan di daerah. Penjelasan kepala bappelitbangda, melalui sistem SIPD ini, setiap OPD dan kecamatan dapat menampilkan/ memuat tentang perencanaan pembangunan daerah, sistem keuangan daerah, sistem pemerintah daerah dan sistem pembinaan pengawasan daerah, yang dapat diakses oleh publik.

Tinggalkan Komentar